Sabtu, 20 Januari 2018

Google Umumkan Tentang Mobile Friendly Page Inside 2018

Pengunjung juga suka ini :

IDNTekno.com - Google hari ini mengumumkan perubahan signifikan dalam cara menempatkan situs web untuk penelusuran seluler: sekarang Google akan mempertimbangkan kecepatan halaman sebagai salah satu sinyal, kata perusahaan tersebut. Perubahan, yang Google maksudkan sebagai "Update Kecepatan", akan mulai berlaku pada bulan Juli 2018, dan akan menurunkan situs web yang sangat lambat dalam kondisi tertentu.

Google Umumkan Tentang Mobile Friendly Page Inside 2018


Padahal kecepatan akan menjadi lebih banyak faktor dalam menentukan urutan hasil pencarian, perubahannya tidak begitu drastis sehingga menjadikannya satu-satunya faktor. Akan ada saat-saat agar halaman lambat tetap berada dalam posisi tinggi - seperti ketika mereka memiliki konten yang paling relevan terkait dengan kueri penelusuran yang ada, misalnya.

Google mengatakan bahwa pembaruan hanya akan memengaruhi laman yang "memberikan pengalaman paling lambat kepada pengguna" dan ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil kueri.

Raksasa pencarian telah semakin mengutamakan kecepatan halaman untuk beberapa lama.
Pada bulan Februari 2016, situs ini mulai menyoroti situs AMP (halaman yang menggunakan teknologi Accelerated Mobile Page untuk mempercepat rendering mobile) dalam hasil pencarian, dan kemudian pada bulan April 2016 memberi AMP halaman posisi yang lebih menonjol di Google Warta.

Baru-baru ini, ia mulai meluncurkan indeks pencarian baru dan mobile-nya yang baru ke beberapa situs untuk memenuhi janjinya untuk menggeser keseluruhan indeks pencarian untuk mendukung versi mobile situs web tersebut dari versi desktop. Perubahan itu, khususnya, difokuskan pada memaksa penayang web untuk memastikan bahwa situs mobile mereka memiliki informasi yang sama dengan situs desktop mereka - sesuatu yang tidak selalu terjadi saat ini.

Lihat Lainnya :
Pembaruan Kecepatan ini, bagaimanapun, tidak terkait dengan apakah situs tersebut berisi info yang sama seperti desktop, juga tidak terkait dengan persyaratan seputar penggunaan AMP.
Sebagai gantinya, ini tentang kinerja halaman secara umum, dengan tujuan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengguna seluler saat menelusuri melalui seluler.

Google tidak menawarkan alat mandiri bagi penayang web untuk membantu mereka bersiap-siap menghadapi perubahan ini, namun menunjukkan sejumlah sumber yang dapat memberikan wawasan umum tentang kinerja situs.

Ini termasuk Laporan Pengalaman Pengguna Chrome, yang menawarkan metrik pengalaman pengguna untuk tujuan web populer; Lighthouse, alat otomatis untuk mengaudit kinerja situs dan metrik kualitas web lainnya; dan Wawasan PageSpeed, yang menunjukkan seberapa baik kinerja laman pada Laporan UX Chrome dan memberi saran tentang bagaimana kinerja dapat ditingkatkan.

Ini bukan pertama kalinya bahwa kecepatan halaman telah digunakan sebagai sinyal di Google, untuk menjadi jelas - itulah yang terjadi pada beberapa waktu pada pencarian desktop, catatan perusahaan. Ini tidak pernah secara eksplisit dipertimbangkan untuk penelusuran yang sama di seluler.

Perubahan seluler yang terfokus pada penelusuran Google sangat penting bagi perusahaan, mengingat sebagian besar pengguna Google saat ini menelusuri web melalui perangkat seluler, seperti ponsel cerdas.

Sebenarnya, penelusuran seluler melampaui penelusuran desktop kembali di tahun 2015, dan seluler terus berkembang di tahun-tahun sebelumnya. Meskipun Google belum memberikan pembaruan berapa persentase penelusurannya yang seluler, beberapa laporan pihak ketiga menempatkan angka ini mendekati 60 persen tahun lalu. Sumber lain, Statista, mengatakan bahwa Google menyumbang lebih dari 94,4 persen pangsa pasar pencarian seluler di A.S.

Angka-angka ini berarti bahwa mobile telah lebih penting daripada desktop selama beberapa tahun sekarang, dan inilah saatnya bagi indeks pencarian untuk merefleksikannya.